PROPOSAL RENCANA PENYELENGGARAAN TURNAMEN FUTSAL

Diposkan oleh Dian Setiaji




Nomor             : 001/HE/2009
Lampiran         : 1 Proposal
Perihal             : Turnamen FUTSAL

Surabaya, 16 Juli 2009

Kepada Yth.
Bapak/ Ibu Pimpinan
di tempat




Dengan hormat,

Kami bermaksud menawarkan jasa atau kerjasama mengorganisir TURNAMEN FUTSAL kepada bapak/ ibu, khususnya futsal yang hendak digelar di Surabaya dan sekitarnya atau dimanapun di wilayah Indonesia. Futsal yang awalnya hanya sebagai olahraga fun-fun saja, kini menjelma menjadi olahraga prestasi. Hal ini dapat dibuktikan dengan maraknya event-event futsal yang diselenggarakan oleh berbagai pihak di banyak kota di Indonesia.

Kadang event futsal dikolaborasikan dengan kegiatan band atau musik, atau hanya sekedar memperingati HUT suatu instansi, kampanye caleg, kampanye capres, atau promosi suatu produk tertentu. Namun futsal yang merupakan salah-satu cabang sepakbola yang mengadopsi basketball ini telah diterima berbagai kalangan. Gedung-gedung futsal pun tumbuh menjamur.
Sebagai wasit futsal dan sepakbola berlisensi PSSI, saya memiliki pengalaman memimpin berbagai ajang futsal khususnya di Surabaya. Kini saya menyusun format penyelenggaraan futsal yang ditawarkan kepada bapak dari sisi pendanaan atau sponsorship. Namun budget dalam draf proposal masih dapat dibicarakan bersama. Terkait nama event yang digelar nantinya disesuaikan permintaan pihak sponsor. 
Adapun teknis penyelenggaraan yang saya maksud terdapat selengkapnya pada proposal. Demikian yang dapat saya sampaikan. Dan atas perhatian serta kerjasama yang baik, disampaikan terimakasih.











Hormat saya,

Ttd

Harun Effendy, A.Ma.Pust., S.Sos.
Wasit & Event Organizer




PROPOSAL
RENCANA PENYELENGGARAAN TURNAMEN FUTSAL


LATAR BELAKANG
 Manusia adalah kekayaan sesungguhnya suatu bangsa”, Kalimat ini kalimat pertama Human Development Report yang dikeluarkan UNDP (Kompas, 24 Januari 2002). Atau pribahasa, “Jika ingin menanam yang hasilnya baru dirasakan 1000 tahun lagi, maka tanamlah manusia”. atau slogan “Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”, Pemikiran-pemikiran ini menghendaki pendekatan yang lebih manusiawi yang memberi kebebasan seluas-luasnya bagi manusia untuk memilih.

Salah-satu cara memanusiakan manusia dalam bidang olahraga adalah menyelenggarakan event-event futsal. Kadang event futsal dikolaborasikan dengan kegiatan band atau musik, atau hanya sekedar memperingati HUT suatu instansi, kampanye caleg, kampanye capres, atau promosi suatu produk tertentu. Namun futsal yang merupakan salah-satu cabang sepakbola yang mengadopsi basketball ini telah diterima berbagai kalangan. Gedung-gedung futsal pun tumbuh menjamur.

Sebagai wasit futsal dan sepakbola berlisensi PSSI, saya telah memiliki pengalaman memimpin berbagai ajang futsal khususnya di Surabaya. Kini saya menyusun format penyelenggaraan futsal yang dapat manfaatkan oleh siapa saja yang mungkin belum pernah menggelar event futsal atau pernah namun ingin meningkatkan kualitas penyelenggaraan. Untuk itu disini coba ditawarkan kepada PERUSAHAAN atau INSTANSI atau INDIVIDU dari sisi pendanaan atau sponsorship. Terkait nama event yang digelar nantinya disesuaikan permintaan pihak sponsor. 

NAMA
Penyelenggaraan event Futsal.

BENTUK
Mengundang PERUSAHAAN atau LEMBAGA atau INDIVIDU untuk partisipasi membantu pendanaan event Futsal.

LANDASAN
  1. Perwujudan usaha-usaha menyehatkan kualitas kehidupan bangsa.
  2. Membangun komunikasi sehat diantara peserta turnamen, penyelenggara dan sponsor.
  3. Perwujudan slogan “Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”.
  4. Mendorong sportivitas dalam kehidupan sehari-hari. 

MAKSUD DAN TUJUAN
Menjalin komunikasi sehat diantara pihak-pihak yang terlibat dengan semangat soliditas dan solidaritas tinggi dalam kompetisi yang menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas. Harapannya semangat tersebut terbawa kedalam kehidupan sehari-hari.

KEUNTUNGAN MITRA KERJA atau SPONSOR
  1. Membantu membangun komunikasi sehat diantara peserta turnamen, penyelenggara dan sponsor.
  2. Membantu perwujudan slogan “Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”.
  3. Membantu mendorong sportivitas dalam kehidupan sehari-hari. 
  4. Eksistensi dan Kepekaan Sosial (Social Responsibility) dalam mendukung kegiatan ini dapat dikenal masyarakat luas, sehingga tercipta image kuat dan baik dalam masyarakat luas terhadap MITRA KERJA atau SPONSOR.

PELAKSANAAN
  1. Dilaksanakan selama dua hari pada hari SABTU dan MINGGU.
  2. Durasi permainan 2 x 15 menit.
  3. Menggunakan Peraturan Permainan (PP) Futsal sesuai regulasi FIFA.

PILIHAN BIAYA PENYELENGGARAAN
  1. 16 tim, 1 lapangan, jam 08.00-16.00                           Cost. Rp. 17.391.000,-
  2. 32 tim, 1 lapangan, jam 08.00-22.00                           Cost. Rp. 24.277.000,-
  3. 32 tim, 2 lapangan (hari 1), hari1 jam 08.00-19.00 &
hari 2 jam 08.00-17.00                                                Cost. Rp. 24.497.000,-



Surabaya, 16 Juli 2009
Hormat saya,

Ttd.

Harun Effendy, A.Ma.Pust., S.Sos.
Wasit & Event Organizer



ESTIMASI EVENT FUTSAL

BERIKUT BEBERAPA KONSEP PILIHAN:

1.      PESERTA 16 TIM DENGAN 1 LAPANGAN
A. DANA/ BUDGET
1. Wasit 3 orang dengan 16 pertandingan @ 100rb/ match …… Rp.   1.600.000,-
2. Keamanan (Polisi) 2 orang @ 100rb/ hari x 2 hari …………..   Rp.      400.000,-
3. Score Boy 1 orang @ 50rb/ hari x 2 hari ……………………..    Rp.      100.000,-
4. Ball Boy 1 orang @ 50rb/ hari x 2 hari …………………….....     Rp.      100.000,-
5. MC 1 orang @ 100rb/ hari x 2 hari ……………………………    Rp.      200.000,-
6. Sewa Lapangan 9 jam x 150rb x 2 hari ………………………    Rp.   2.700.000,-
7. Rompi 1 set ………………………………………………………    Rp.      150.000,-
8. Bola 3 buah ………………………………………………………   Rp.      300.000,-
9. Score Board, Charge Ball & Pompa …………………………..    Rp.      100.000,-
10. Piala & Piagam …………………………………………………   Rp.      500.000,-
11. Kuitansi & Stempel …………………………………………….   Rp.        50.000,-
12. Konsumsi
      - Air mineral 2 dos x 15rb x 2 hari …………………………….   Rp.        60.000,-
      - Snack 2x 5rb x 10 orang x 2 hari ……………………………   Rp.      200.000,-
      - Makan 1x 15rb x 10 orang x 2 hari …………………………    Rp.      300.000,-
13. T-Shirt Panitia 10 x 20rb ………………………………………   Rp.      200.000,-
14. Bola untuk 16 tim peserta x 100rb ……………………………   Rp.   1.600.000,-
15. Transport Technical Meeting wasit 2 orang …………………   Rp.      100.000,-
16. Soundsystem 2 hari ……………………………………………   Rp.   1.000.000,-
17. Banner 2 buah …………………………………………………    Rp.      400.000,-
18. Hadiah
      - Juara I ………………………….. …………………………….     Rp.   2.000.000,-
      - Juara II ………………………….. ……………………………     Rp.   1.500.000,-
      - Juara III ………………………….. …………………………..      Rp.   1.000.000,-
      - Juara IV ………………………….. ……………………………   Rp.      500.000,-
      - Top Score ………………………….. …………………………   Rp.      250.000,-
      - Best Player ………………………….. ………………………..   Rp.      250.000,-
19. Lain-lain …………………………………………………………   Rp.      250.000,- +
      TOTAL …………………………………………………………..     Rp. 15.810.000,-
20. Honor Event Organizer 10% ………………………………….    Rp.   1.581.000,- +
      TOTAL BUDGET ……………………………………………….  Rp. 17.391.000,-
     
B. SISTIM GUGUR 16 TIM 1 LAPANGAN


 






















Keterangan:
-          4 tim yang lolos semifinal, akan bertarung memperebutkan tiket final.
-          2 tim pemenang di semifinal, akan memperebutkan juara 1 dan 2
-          2 tim yang kalah di semifinal, akan memperebutkan juara 3 dan 4

C. JADWAL PERTANDINGAN 16 TIM 1 LAPANGAN

07.00-08.00         Registrasi                             13.45-14.30   Pertandingan ke-7
08.00-08.45         Pertandingan ke-1 (Snck)  14.30-15.15   Pertandingan ke-8 (Snack)
08.45-09.30         Pertandingan ke-2               15.15-16.00   Selesai
09.30-10.15         Pertandingan ke-3              
10.15-11.00         Pertandingan ke-4              
11.00-11.45         Pertandingan ke-5
11.45-13.00         Ishoma/ Rehat (Makan)
13.00-13.45         Pertandingan ke-6
2.      PESERTA 32 TIM DENGAN 1 LAPANGAN
A. DANA/ BUDGET
1. Wasit 3 orang dengan 32 pertandingan @ 100rb/ match …… Rp.   3.200.000,-
2. Keamanan (Polisi) 2 orang @ 200rb/ hari x 2 hari …………..   Rp.      800.000,-
3. Score Boy 1 orang @ 100rb/ hari x 2 hari ……………………..  Rp.      200.000,-
4. Ball Boy 1 orang @ 100rb/ hari x 2 hari …………………….....   Rp.      200.000,-
5. MC 1 orang @ 200rb/ hari x 2 hari ……………………………    Rp.      400.000,-
6. Sewa Lapangan 15 jam x 150rb x 2 hari ………………………  Rp.   4.500.000,-
7. Rompi 1 set ………………………………………………………    Rp.      150.000,-
8. Bola 3 buah ………………………………………………………   Rp.      300.000,-
9. Score Board, Charge Ball & Pompa …………………………..    Rp.      100.000,-
10. Piala & Piagam …………………………………………………   Rp.      500.000,-
11. Kuitansi & Stempel …………………………………………….   Rp.        50.000,-
12. Konsumsi
      - Air mineral 4 dos x 15rb x 2 hari …………………………….   Rp.      120.000,-
      - Snack 3x 5rb x 10 orang x 2 hari ……………………………   Rp.      300.000,-
      - Makan 2x 15rb x 10 orang x 2 hari …………………………    Rp.      600.000,-
13. T-Shirt Panitia 10 x 20rb ………………………………………   Rp.      200.000,-
14. Bola untuk 32 tim peserta x 100rb ……………………………   Rp.   3.200.000,-
15. Transport Technical Meeting wasit 2 orang …………………   Rp.      100.000,-
16. Soundsystem 2 hari ……………………………………………   Rp.   1.000.000,-
17. Banner 2 buah …………………………………………………    Rp.      400.000,-
18. Hadiah
      - Juara I ………………………….. …………………………….     Rp.   2.000.000,-
      - Juara II ………………………….. ……………………………     Rp.   1.500.000,-
      - Juara III ………………………….. …………………………..      Rp.   1.000.000,-
      - Juara IV ………………………….. ……………………………   Rp.      500.000,-
      - Top Score ………………………….. …………………………   Rp.      250.000,-
      - Best Player ………………………….. ………………………..   Rp.      250.000,-
19. Lain-lain …………………………………………………………   Rp.      250.000,- +
      TOTAL …………………………………………………………..     Rp. 22.070.000,-
20. Honor Event Organizer 10% ………………………………….    Rp.   2.207.000,- +
      TOTAL BUDGET ……………………………………………….  Rp. 24.277.000,-
     




B. SISTIM GUGUR 32 TIM 1 LAPANGAN


 
































Keterangan:
-          4 tim yang lolos semifinal, akan bertarung memperebutkan tiket final.
-          2 tim pemenang di semifinal, akan memperebutkan juara 1 dan 2
-          2 tim yang kalah di semifinal, akan memperebutkan juara 3 dan 4

C. JADWAL PERTANDINGAN 32 TIM 1 LAPANGAN

07.00-08.00         Registrasi                            
08.00-08.45         Pertandingan ke-1 (Snack)                       
08.45-09.30         Pertandingan ke-2              
09.30-10.15         Pertandingan ke-3              
10.15-11.00         Pertandingan ke-4              
11.00-11.45         Pertandingan ke-5
11.45-13.00         Ishoma/ Rehat (Makan)
13.00-13.45         Pertandingan ke-6
13.45-14.30         Pertandingan ke-7
14.30-15.15         Pertandingan ke-8 (Snack)
15.15-16.00         Pertandingan ke-9
16.00-16.45         Pertandingan ke-10
16.45-17.30         Pertandingan ke-11
17.30-18.00         Ishoma/ Rehat (Makan)
18.00-18.45         Pertandingan ke-12
18.45-19.30         Pertandingan ke-13
19.30-20.15         Pertandingan ke-14
20.15-21.00         Pertandingan ke-15
21.00-21.45         Pertandingan ke-16 (Snack)
21.45-22.00         Selesai
















3.      PESERTA 32 TIM DENGAN 2 LAPANGAN (GROUP A & B)
A. DANA/ BUDGET
1. Wasit 3 orang dengan 32 pertandingan @ 100rb/ match …… Rp.   3.200.000,-
2. Keamanan (Polisi) 4 org @ 150rb/ hr1 + (2 org @ 100rb/ hr2) Rp.      800.000,-
3. Score Boy 2 orang @ 75rb/ hr1 + 50rb/ hr2 …………………..   Rp.      200.000,-
4. Ball Boy 2 orang @ 75rb/ hr1 + 50rb/ hr2 ………………….....    Rp.      200.000,-
5. MC 1 orang @ 150rb/ hr1 + 100rb/ hr2 ………………………… Rp.      250.000,-
6. Sewa Lapangan 22 jam x 150rb ………………………………    Rp.   3.300.000,-
7. Rompi 2 set ………………………………………………………    Rp.      300.000,-
8. Bola 6 buah ………………………………………………………   Rp.      600.000,-
9. Score Board 2 buah, Charge Ball & Pompa ………………….   Rp.      150.000,-
10. Piala & Piagam …………………………………………………   Rp.      500.000,-
11. Kuitansi & Stempel …………………………………………….   Rp.        50.000,-
12. Konsumsi
      - Air mineral hr1 6 dos x 15rb …………………………………    Rp.        90.000,-
      - Air mineral hr2 2 dos x 15rb ………………………………..      Rp.        30.000,-
      - Snack hr1 2x 5rb x 20 orang ……………………………….     Rp.      400.000,-
      - Snack hr2 2x 5rb x 10 orang ……………………………….     Rp.      200.000,-
      - Makan hr1 2x 15rb x 20 orang ……………………………..     Rp.      600.000,-
      - Makan hr2 1x 15rb x 10 orang ……………………………..     Rp.      150.000,-

13. T-Shirt Panitia 20 x 20rb ………………………………………   Rp.      400.000,-
14. Bola untuk 32 tim peserta x 100rb ……………………………   Rp.   3.200.000,-
15. Transport Technical Meeting wasit 2 orang …………………   Rp.      100.000,-
16. Soundsystem 2 hari ……………………………………………   Rp.   1.000.000,-
17. Banner 4 buah …………………………………………………    Rp.      800.000,-
18. Hadiah
      - Juara I ………………………….. …………………………….     Rp.   2.000.000,-
      - Juara II ………………………….. ……………………………     Rp.   1.500.000,-
      - Juara III ………………………….. …………………………..      Rp.   1.000.000,-
      - Juara IV ………………………….. ……………………………   Rp.      500.000,-
      - Top Score ………………………….. …………………………   Rp.      250.000,-
      - Best Player ………………………….. ………………………..   Rp.      250.000,-
19. Lain-lain …………………………………………………………   Rp.      250.000,- +
      TOTAL …………………………………………………………..     Rp. 22.270.000,-
20. Honor Event Organizer 10% ………………………………….    Rp.   2.227.000,- +
      TOTAL BUDGET ……………………………………………….  Rp. 24.497.000,-
     
B. SISTIM GUGUR 32 TIM 2 LAPANGAN (GROUP A & B)


 






















Keterangan:
-          2 tim (masing-masing group) yang lolos ke semifinal, akan diundi dulu untuk menentukan lawan semifinal dan bertarung memperebutkan tiket final.
-          2 tim pemenang di semifinal, akan memperebutkan juara 1 dan 2
-          2 tim yang kalah di semifinal, akan memperebutkan juara 3 dan 4

C. JADWAL PERTANDINGAN 32 TIM 2 LAPANGAN (GROUP A & B)

Hari pertama
07.00-08.00         Registrasi                            
08.00-08.45         Pertandingan ke-1 (Snack)                       
08.45-09.30         Pertandingan ke-2              
09.30-10.15         Pertandingan ke-3              
10.15-11.00         Pertandingan ke-4              
11.00-11.45         Pertandingan ke-5
11.45-13.00         Ishoma/ Rehat (Makan)
13.00-13.45         Pertandingan ke-6
13.45-14.30         Pertandingan ke-7
14.30-15.15         Pertandingan ke-8 (Snack)
15.15-16.00         Pertandingan ke-9
16.00-16.45         Pertandingan ke-10
16.45-17.30         Pertandingan ke-11
17.30-18.15         Pertandingan ke-12
18.15-19.00         Selesai (Makan)

Hari kedua (cukup 1 Lapangan)
07.00-08.00         Persiapan panitia                          
08.00-08.45         Pertandingan ke-1 (Group A) (Snack)                
08.45-09.30         Pertandingan ke-2 (Group A)       
09.30-10.15         Pertandingan ke-3 (Group B)       
10.15-11.00         Pertandingan ke-4 (Group B)       
11.00-11.15         Draw SEMIFINAL
11.15-12.00         SEMIFINAL ke-1
12.00-13.00         Ishoma/ Rehat (Makan)
13.00-13.45         SEMIFINAL ke-2
14.15-15.00         JUARA 3
15.00-15.45         JUARA 1 (Snack)
15.45-17.00   Penutupan

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar

 
ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free Ping your blog, website, or RSS feed for Free